Pokok Pokok Pembahasan Surat Yasin

Surat Yasin atau dalam bahasa Arab (يس) merupakan salah satu dari nama nama surat Al Quran yang memiliki arti “YA-SIN”, surat ini memiliki jumlah ayat 83, dan masih termasuk kedalam golongan surat surat Makkiyah yang artinya surat ini diturunkan di kota Mekkah. Adapun nama dari surat ini diambil dari bunyi ayat yang pertama dan hanya Allah sajalah yang mengetahui artinya. Ayat ayat seperti Yasin, Nun, Alif Lam Mim dan yang sejenisnya adalah jenis jenis ayat Mutasyaabihat.

Pokok Pokok Pembahasan Surat Yasin

Adapun statistik dari dari surat Yasin bisa kita lihat pada tabel berikut ini :

Arti Surat : Ya Sin
Sebutan Lainnya : Man’amah, Rafi’ah Khafizah
Penggolongan Surat : Surat Makkiyah
Nomor Urut Surat : Urutan surat ke-36
Letak Juzuk : Terletak Pada Juz ke-22 (ayat yang ke 1-21) dan Juz ke- 23 (ayat yang ke 22-83)
Total ruku’ : 5 ruku
Total ayat : 83 ayat
Nama Surat Sebelumnya : Surat Fatir
Nama Surat Setelahnya : Surat As Saffat

 

Surat Yasin adalah salah satu surat yang sering dibaca pada malam jumat oleh salah satu jamaah islam di Indonesia yakni Jamaah Nahdatul Ulama (NU), selain itu surat ini juga sering di baca ketika tahlilan di tempat orang yang berduka (meniggal dunia). Adapun dasar hukum atau landasan dalil akan amalan tersebut masih menjadi khilafiyah antar jamaah. Dan terlepas akan hal tersebut pastinya dalam surat Yasin berisikan petunjuk dan juga peringatan untuk kaum mukmin yang percaya kepada Allah Ta’ala dan juga hari Akhir.

Kemudian mari kita lanjutkan menuju pokok pokok pembahasan yang terkandung dalam surat ini, berikut ini ulasannya untuk anda.

Pokok Pembahasan Surat Yasin

1. Pernyataan Allah Ta’ala bahwasannya Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam adalah utusan Allah

Dalam surat ini disebutkan tentang Rasulullah Shallallhu’aliahi Wa Sallam yang merupakan utusan yang Allah Azza Wa Jalla kirimkan kepada umat akhir zaman dengan membawa sebuah kitab suci yakni Al Quran sebagai petunjuk bagi orang orang yang beriman dan percaya akan datangnya hari akhir.

2. Kisah Dari Penduduk Kota Annukiyah

Dalam surat yasin juga diceritakan mengenai sebuah tempat di daerah Romawi yang mana mayoritas dari penduduknya adalah kaum nasrani. Dan dimuatnya kisah kaum ini ditujukan sebagai sebuah pembelajaran untuk orang-orang Mekah kala itu yang masih menyekutukan Allah Azza Wa Jalla dan tersebar luas kebodohan di kalangan masyarakatnya.

Kebodohan juga merupakan faktor penyebab akan datangnya kekefiran dan kefakiran, baik fakir secara materi dan juga fakir terhadap ilmu agama yang benar dan lurus.

3. Penyesalan Kaum Kafir

Dalam surat Yasin juga dikabarkan bahwasanya kelak orang orang yang tidak beriman atau kafir akan sangat menyesal setelah datang hari kiamat dan hari pembalasan, sehingga dari mereka meminta untuk dikembalikan kebumi (dihidupkan kembali) supaya mereka dapat beribadah kepada Allah Azza Wa Jalla.

4. Mengungkap tanda-tanda kekuasaan Allah Ta’ala

Dalam surat yasin memuat banyak sekali tanda tanda kekuasaan Allah Ta’ala yang semuanya merupakan pertanda bahwasannya Allah Ta’ala adalah Zat Yang Maha Kuasa atas segala hal. Dan dengan adanya tanda tanda kekuasaan dari Allah Ta’ala memberikan isyarat kepada manusia agar taat dan patuh terhadap-Nya dan jangan sekali kali menyekutukan ataupun membangkang dari-Nya.

5. Kondisi orang-orang mukmin pada hari kiamat

Dalam surat ini disebutkan tentang kondisi dari orang orang yang beriman dan beramal sholih kelak akan mendapat nikmat yang tidak ternilai harganya, yakni mereka akan dimasukan kedalam surga yang didalamnya terdapat banyak sekali nikmat dan juga bidadari yang telah disediakan bagi para penghuni surga. Didalam surga tidak ada orang susah ataupun orang yang teraniyaya, semuanya hidup damai dan bahagia untuk selama-lamanya.

6. Allah berkuasa membangkitkan orang-orang mati

Masih terkait dengan point yang ke 4, dalam Surat Yasin dijelaskan bahwannya Allah Ta’ala adalah Zat Yang Maha Kuasa akan segala hal dan tak terkecuali untuk membangkitkan orang orang yang sudah mati kelak di hari kebangkitan tiba, semua orang pada hari itu dibangkitkan oleh Allah Ta’ala seperti biji bijian yang terkena siraman hujan setelah musin kekeringan. Dan setelah hari kebangkitan dimulai maka perjalanan alam selanjutnya akan dimulai.

Untuk teman teman yang ingin membaca atau mendengarkan surat yasin di smartphone maka silahkan anda download surat yasin di internet, setelah itu silahkan teman teman renungi dan juga pelajari apa saja hal hal yang telah Allah Ta’ala kabarkan dalam surat ini.

Baik, sampai disini dulu perjumpaan kita pada tema kali ini semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat dan bisa memberikan tambahan ilmu agar kita semakin taat dan patuh kepada aturan yang telah Allah Ta’ala sampaikan melalui Al Quran dan Sunnah Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi Wa Sallam.